MENGENANG WAFATNYA UMMUL MUKMININ SAYYIDAH KHODIJAH AL KUBRO (Wafat 11 Ramadhan tahun 10 Kenabian)

Siti Khodijah adalah istri pertama Rasulullohﷺ. Orang yang pertama kali beriman kepada ALLOH dan kenabian Rasulullahﷺ. Orang yang sangat berjasa bagi dakwah Rasulullah dan penyebaran agama Islam.

Siti Khodijah wafat pada hari ke-11 bulan Ramadlan tahun ke-10 kenabian, tiga tahun sebelum Rasulullohﷺ hijrah ke Madinah. Khodijah wafat dalam usia 65 tahun.

Diantara keistimewaan yang dimiliki sayyidatina Khadijah ialah bahwa Alloh Subhanahu WaTa'ala, mengirim salam kepada beliau, diceritakan bahwa Jibril berkata: wahai kekasih Alloh (Nabi Muhammadﷺ), Khadijah kan datang membawakan kau makanan, jika dia datang kepadamu, maka ucapkanlah salam dari Alloh ta'ala dan salam dariku untuknya.

Setelah Nabiﷺ menyampaikan salam Allah dan malaikat jibril, maka Khadijah membalas salam tersebut. (Hadits riwayat Bukhari Muslim).

Begitu agung seorang perempuan yang dipilih oleh Alloh ta'ala, perempuan yang luar biasa. Diantaranya lagi perempuan" yang telah dipilih Alloh ialah:

1. Sayyidatina Maryam binti Imran
2. Sayyidatina Fatimah binti Rasulullohﷺ
3. Sayyidatina khadijah binti Khawailid
4. Sayyidatina Asiyah binti Muzahim

Sebagaimana Rasulullohﷺ pernah bersabda,
"Pemuka wanita ahli surga ada empat. Ia adalah Maryam binti Imran, Fatimah binti Rasulallohﷺ, Khadijah binti Khawailid dan Asiyah." (HR. Hakim dan Muslim)."

Kelebihan mereka sangat amat luar biasa,
Diriwayatkan oleh Imam bukhari, bahwa Jibril telah memberi kabar gembira kepada sayyidatina Khadijah dengan sebuah istana di syurga yang penuh dengan perhiasan, kekal abadi miliknya.

Dan lagi keistimewaan beliau, beliau senantiasa menyertai Rasululloh ﷺdi keadaan suka maupun duka. Beliau ikut keluar dengan Rasulullohﷺ, berlari dan bersembunyi dari para musuh Rasulullohﷺ.

Beliau tinggalkan kehidupan mewah, beliau tinggalkan segala kesenangan dunia, beliau hidup dengan mara bahaya yang senantiasa ada setiap hari.

Seorang perempuan yang dulunya kaya raya, dengan penuh kelebihan harta, namun beliau lepas semua itu demi Nabi Muhammad ﷺ. Tak pernah sedikitpun beliau meninggalkan Nabi Muhammadﷺ.

Nabi Muhammadﷺ pun sangat suka mengisahkan kelebihan sayyidatina Khadijah didepan para sahabat, karena Nabi berkata bahwa Khadijah ialah orang yang beriman disaat semua orang kafir, dia yang percaya disaat semua orang mendustakanku, dia yang menghibur hatiku disaat semua orang ingin melukai hatiku. disaat semua orang menyakiti, dia selalu disampingku. Sangat amat aku menyayanginya, sangat aku mencintainya.

Berikanlah sesuatu yang terbaik untuk orang lain, berikanlah sesuatu yang membahagiakan orang lain, walau hanya dengan senyuman.

Sayyidatina Khadijah rela mengorbankan segalanya, jiwa dn ruhnya beliau serahkan kepada Nabi Muhammadﷺ .

Dikisahkan dalam Sirah Nabawiyah, suatu hari ketika Rasulullah pulang dari berdakwah, Beliau masuk ke dalam rumah. Khadijah menyambut dan hendak berdiri di depan pintu. Ketika Khadijah hendak berdiri, Rasulullohﷺ meminta Khadijah agar tetap di tempatnya.

Saat itu Khadijah sedang menyusui Fatimah yang masih bayi. Saat itu seluruh kekayaan mereka telah habis. Seringkali makanan pun tak punya. Sehingga ketika Fatimah menyusu, bukan air susu yang keluar akan tetapi darah. Darahlah yang masuk dalam mulut Fathimah RA.

Kemudian Rasulullohﷺ mengambil Fathimah dari gendongan istrinya lalu diletakkan di tempat tidur. Rasulullohﷺ yang lelah seusai pulang berdakwah dan menghadapi segala caci maki dan fitnah manusia itu lalu berbaring di pangkuan Khadijah.

Rasululloh ﷺ tertidur. Ketika itulah Khadijah membelai kepala Nabi ﷺ dengan penuh kelembutan dan rasa sayang. Tak terasa air mata Khadijah menetes di pipi Rasulullah. Beliau pun terjaga.

“Wahai Khadijah, mengapa engkau menangis? Adakah engkau menyesal bersuamikan aku, Muhammad?” tanya Rasulullah dengan lembut.

Dahulu engkau wanita bangsawan, engkau mulia, engkau hartawan. Namun hari ini engkau telah dihina orang. Semua orang telah menjauhi dirimu. Seluruh kekayaanmu habis. Adakah engkau menyesal wahai Khadijah bersuamikan aku, Muhammad?" lanjut Rasulullah tak kuasa melihat istrinya menangis.

“Wahai suamiku. Wahai Nabi Alloh. Bukan itu yang kutangiskan,” jawab Khadijah.

Khadijah berkata lagi: "Dahulu aku memiliki kemuliaan. Kemuliaan itu telah aku serahkan untuk Allah dan Rasul-Nya. Dahulu aku adalah bangsawan. Kebangsawanan itu juga aku serahkan untuk Allah dan Rasul-Nya. Dahulu aku memiliki harta kekayaan. Seluruh kekayaan itupun telah aku serahkan untuk Alloh dan Rasul-Nya. Wahai Rasululloh.

Sekarang aku tak punya apa-apa lagi. Tetapi engkau masih terus memperjuangkan agama ini. Wahai Rasulullohﷺ. Sekiranya nanti aku mati sedangkan perjuanganmu ini belum selesai, sekiranya engkau hendak menyeberangi sebuah lautan, sekiranya engkau hendak menyeberangi sungai, namun engkau tidak memperoleh rakit pun atau pun jembatan.

"Maka galilah lubang kuburku, ambilah tulang belulangku. Jadikanlah sebagai jembatan untuk engkau menyebrangi sungai itu supaya engkau bisa berjumpa dengan manusia dan melanjutkan dakwahmu. Ingatkan mereka tentang kebesaran Alloh. Ingatkan mereka kepada yang hak. Ajak mereka kepada Islam wahai Rasulullohﷺ." kata Khadijah.

Malam ini Alhamdulillah kita sudah memasuki malam ke sebelas malam bulan Ramadhan yang artinya bertepatan dengan Haul Ummul mukminin (Sayyidah Khodijah).

Semoga berkat membaca manaqib Sayyidah Khodijah hajat dunia dan akhirat kita kabul.
Berkat Rasulullohﷺ berkat orang-orang sholeh dan berkat Guru kita.
Alfatihah...
آمِّيْنَ آمِّيْنَ آمِّيْنَ يَا رَبَّ الْعَالَمِيْن 
ﺍَﻟﻠﻬُﻢَّ ﺻَﻞِّ ﻋَﻠَﻰ ﺳَﻴِّﺪِﻧَﺎ ﻣُﺤَﻤَّﺪٍ ﻭَﻋَﻠَﻰ ﺁﻝِ ﺳَﻴِّﺪِﻧَﺎ ﻣُﺤَﻤَّﺪٍ ﷺ💚🌹

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Menghapus Tulisan pada Ijazah dengan Tinta Snowman Drawing Pens

Sekilas info tentang HARAM MAKAH 🕌🕋🕌