Pengenalan Internet

PENGENALAN INTERNET SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN

disampaikan dalam KKG Bermutu Gugus Dewi Sartika Dabin II

UPTD Pendidikan Kecamatan Kersana

tahun pelajaran 2010/2011

oleh : Caslam


I.Pendahuluan

Pendidikan pada hakikatnya merupakan suatu perjalanan hidup yang tiada henti, yang dimulai sejak seseorang dilahirkan didunia hingga yang bersangkutan meninggal dunia. Ini sesuai dengan perintah Nabi Muhammad SAW, "Carilah ilmu sejak dari buaian sampai liang lahat".

Pada masa modern seperti sekarang ini pencarian ilmu (proses belajar) sungguh sangat mengasyikkan, karena seseorang dapat berkelana ke mana saja untuk mencari sumber pengetahuan, berinteraksi dengan para ilmuwan dan profesor terkemuka, mengakses perpustakaan kelas dunia, dan sebagainya tanpa harus pergi jauh, cukup duduk di kursi. Ini semua dimungkinkan karena perkembangan teknologi informasi yang sangat pesat, terutama dengan lahirnya internet di tengah-tengah masyarakat.


II.Pengertian Internet

1.Internet

internet adalah sebuah jaringan raksasa yang menghubungkan berjuta-juta komputer diseluruh dunia. Tidak hanya berfungsi sebagai media tukar menukar informasi secara cepat dan murah, tetapi juga menjadi gudang pengetahuan yang tidak ternilai harganya. Dengan bertambahnya kuantitas pemakai komputer dan meningkatnya jumlah penggunaan internet, maka nilai manfaat internet sebagai sumber pengetahuan bertambah dengan sangat cepat.


2.Istilah-istilah terkait

a. WWW = layanan yang paling sering digunakan dan memiliki perkembangan yang sangat cepat karena dengan layanan ini kita bisa menerima informasi dalam berbagai format (multimedia).

b. Searching/Surfing = Pencarian informasi lewat internet

c. netter = Pemakai internet

d. URL (Uniform Resource Locator) = Alamat spesipik halaman situs tertentu di internet.

e. Situs = halaman di internet yang memuat informasi

f. Websit = sama seperti www.

g. IP Adress = Nomor Kode tertentu setiap komputer yang terkoneksi internet.


3.Cara koneksi internet

Kebutuhan dasar untuk membuat koneksi dengan internet melalui HP adalah :

a. Komputer minimal pentium 3 dengan memori 128 mb

b. HP yang tentunya menyediakan fasilitas internet.

c. CD yang disertakan pada HP

d. kabel data yang diserakan pada HP


Caranya :

a. instal PC Suite dari CD HP, sampai selesai.

b. sambungkan kabel data ke HP dan Komputer melalui USB

c. Klik pada tombol internet. Jika berhasil, kita sudah dapat menikmati layanan internet melalui HP.


III. Materi Terkait internet

A. Search Engine

Search engine atau mesin pencari merupakan satu-satunya alat/fasilitas yang dipergunakan untuk mengeksplorasi berbagai data, informasi dan pengetahuan yang ada di internet. Search engine merupakan suatu program yang dapatdiakses melalui internet yang fungsinya mencarai berbagai hal yang ingin diketahui. Sangat banyak search engine yang ada di internet, yang paling populer di antaranya adalah google, yahoo, dan altavista. Ketiga mesin pencari ini dpat diakses melalui alamat http://www.google.com, http://www.yahoo.com, dan http://www.altavista.com dengan aplikasi browsing seperti Internet Explorer atau Firepox.

Untuk lebih praktis, dalam penjelasan ini penulis menggunakan google sebagai referensi. Perlu diingat, sebagai saran agar pengguna internet menggunakan bahasa inggris sebagai kata kunci, karena mayoritas situs-situs di internet menggunakan bahasa tersebut, selain itu data base yang berbahasa indonesia masih terhitung sedikit.

Setiap search engine terdapat fasilitas di mana netter dapat mengetikkan kata kunci yang akan menjadi referensi pencarian.
Misalnya pada kotak pencarian yang tersedia kita ketikkan kata fisika lalu pada tombol “search” atau “cari” diklik, maka mesin pencari akan mencari di seluruh komputer yang dihubungkan ke internet, berbagai jenis data yang memuat teks bertuliskan kata fisika. Akibatnya terjadi banjir informasi yang tak terkendali. Karena itu harus ada teknik khusus yang harus dikuasai agar seorang netter dapat memperoleh informasi yang relevan dengan kebutuhannya. Teknik khusus tersebut misalnya dengan teknik penyaringan informasi dan penyaringan jenis/tipe file.

1. Teknik penyaringan informasi

Ada dua teknik dasar yang dapat dipergunakan saat melakukan serching yaitu :

a. Filterisasi dengan simbol matematika, misalnya :

* simbol tambah (+), seorang netter dapat menggunakan tanda tambah (+) jika akan mencari dokumen yang memuat lebih dari satu kata kunci.

Contoh : seorang netter ingin mencari informasi tentang jumlah guru di Jawa Tengah yang sudah sertifikasi, maka pada kotak pencarian netter dapat mengetikkan +jumlah +guru +sertifikasi +Jawa tengah. Dengan cara ini, apabila suatu dokumen hanya terdapat satu, dua, atau tiga kata kunci saja maka tidak akan ditampilkan sehingga hanya dokumen spesifik saja yang akan tampil.

* Simbol kurang (-), tanda ini dapat diartikan “kecuali”. Simbol kurang (-) dapat dipadukan dengan simbol tambah (+).
misalkan seorang netter ingin mencari informai tentang nama-nama pahlawan di Aceh yang tidak memakai gelar teuku, maka dia cukup mengetikkan +nama +pahlawan +aceh -teuku.

* Tanda kutip (“ ”) yang mengapit dua kata atau lebih, akan lebih memfokuskan hasil pencarian.
Ketiga simbol jika digabungkan akan menjadi alat pencari yang sangat ampuh.
Contoh untuk mengetahui negara penghasil minyak bumi selain indonesia di asia tenggara, seorang netter dapat mengetikkan +penghasil +”minyak bumi” + “asia tenggara” -indonesia

* tanda spasi ( ). seorang netter yang mengetikan kata-kata tanpa simbol-simbol diatas maka mesin pencari akan mencari dokumen yang terkandung salah satu kata atau kata-kata itu.
Misalnya : seorang netter mengetikkan guru SD jawa tengah. Maka mesin pencari akan mencari dokumen yang memuat kata guru, atau memuat kata SD, atau memuat kata jawa, atau memuat kata tengah atau memuat gabungan dari kata-kata tersebut.


b. Filterisasi dengan simbol bolean.

Simbol bolean banyak digunakan oleh orang yang berlatar belakang komputer. Beberapa simbol bolean yang penting sebenarnya sudah terwakili dengan simbol-simbol matematika seperti di atas. Beberapa simbol bolean antara lain :

* kata AND yang artinya “dan”, simbol ini bekerja seperti tanda tambah (+) pada simbol matematika.

* Kata NOT yang artinya “kecuali”, simbol ini cara kerjanya sama seperti tanda kurang (-).

* kata OR yang artinya “atau”, simbol ini bekerja seperti spasi pada simbol matematika.

* Kata NEAR. Contoh pada kotak pencarian kita ketikkan sekolah NEAR Brebes, maka mesin pencari akan mencari dokumen yang memuat kata sekolah dan Brebes, di mana jarak kedua kata tersebut saling berdekatan.

* Tanda kurung ( ) atau nesting. Fungsinya melakukan isolasi terhadap pencarian yang harus didahulukan. Fungsi nesting sama seperti tanda kurung pada operasi matematika.

Misalkan netter akan mencari informasi tentang sejarah proklamasi atau sejarah kemerdekaan indonesia, maka bisa mengetikan sejarah AND (proklamasi OR Kemerdekaan) AND indonesia.


2. Pencarian file dengan tipe-tipe tertentu

Seorang guru yang ingin mencari presentasi luas segitiga, ia dapat mencari file dengan format presentasi, biasanya berakhiran .ppt, atau seorang siswa seni ingin mencari lagu-lagu, ia dapat mencari file dengan format MP3. Untuk mencari file-file dengan tipe tertentu, netter dapat menambahkan kata filetype dengan format filetype:ppt, misalnya jika ingin mencari file presentasi. Misalnya dalam kotak pencarian guru mengetikkan +luas +”segi tiga” filetype:ppt



B. Membuat dan menggunakan layanan email

Email (elektronik mail) adalah surat elektronik, seperti pada surat dikehidupan nyata. Untuk dapat menikmati layanan ini terlebih dahulu kita harus mendaftar pada situs yang memberi layanan email, misalnya yahoo pada alamat http://www.yahoo.com/mail, atau google melalui layanan gmailnya yang dapat diakses melalui alamat http://www.gmail.com.
Apabila kita akan mendaftar layanan email pada gmail misalnya kita dapat masuk melalui mesin pencari google. Kita ketikkan yahoo mail pada kotak pencarian lalu kita klik tombol cari. Kita pilih situs layanan yahoo mail


Kita pilih tombol daftar baru lalu kita isi formulir yang tampil, semuanya jangan sampai ada yang kosong. Alamat email yang kita tulis biasanya diakhir kotak ada @yahoo dan pasword harus diingat jangan sampai lupa. Lalu klik tombol buat acaunt baru pada tombol di bawah setelah perjanjian. Apabila berhasil, kita sudah memiliki sebuah alamat email. Pada kotak inbox biasanya sudah ada tiga email yang masuk yang berasal dari tim yahoo mail.

Misalkan kita akan mengirim email, kita tinggal klik pada tombol kirim email, setelah tampil lembaran email baru kita isi kotak to dengan alamat email teman yang akan dikirimi, cc dengan alamat email teman-teman yang lain jika email akan dikirimkan ke beberapa alamat. Subjek diisi dengan subjek email. Lalu kita tulis email pada kotak tersedia. Apabila kita mau melampirkan file tertentu kita bisa klik pada tombol lampirkan. Setelah selesai kita klik tombol send jika akan dikirim.
Untuk membuka email yang masuk kita klik pada inbox, atau sent jika kita ingin mengetahui email yang kita kirim.


C. Blog

Blog adalah layanan internet yang fungsinya hampir mirip dengan buku catatan. Sebagai guru kita dapat menuliskan atau membagi pengetahuan kita tentang suatu permasalahan pendidikan melalui blog ini, atau menceritakan kegiatan sekolah dan lain sebagainya.

Sebelumnya kita daftar dulu pada situs yang melayani pembuatan blog secara gratisss, misalnya blogspot yang dapat diakses melalui alamat http://www.blogspot.com atau http://www.blogger.com. Cukup dengan melakukan tiga langkah mudah kita sudah dapat menggunakan blog yang tentunya gratis, selesai melakukan tiga langkah mudah tersebut kita dapat langsung ber ngeblog ria dan jika kita kreatif dan rajin menulis mungkin saja kita dapat tambahan inkam (pendapatan) he...he...he... tentunya jika blog kita sudah ditempeli iklan dari adsense.


D. Facebook

Facebook adalah layanan jaringan sosial, kita dapat mencari teman-teman lama kita yang mungkin saja mereka sudah pada nampang di facebook ini. Caranya cukup gampang saja silahkan ikuti petunjuk pembuatannya yang tersedia. Tentunya setelah kita masuk dulu ke alamatnya yaitu http://www.facebook.com atau kalau malas ngetik kita minta saja omm google untuk membukakan, kita ketikan saja facebook pada kotak pencarian lalu klik deh, dan terbuka silahkan daftar.


IV. Internet Sehat

Di atas sudah dijelaskan berbagai keuntungan dari internet, mulai dari layanan mesin pencari yang membantu kita menemukan berbagai informasi dengan cepat, email untuk kita berkorespondensi, blog, facebook dan lain sebagainya.

Tentu saja tidak semua isi di internet dapat bermanfaat, jika tidak pandai-pandai dalam menggunakan internet maka materi atau isi yang bersifat negatif semisal pornografi, perjudian, sadisme dan rasialisme akan berdampak bagi kita.
Tetapi kita tidak harus kawatir karena dengan pemahaman yang cukup tentang internet serta didukung kedewasaan dalam memilih maupun memilah hal yang baik dan buruk, kita dapat memaksimalkan dampak positif internet dan meminimalkan dampak negatifnya. Berikut adalah tip-tip agar aman dalam berinternet.

1.Jika di rumah ada anak di bawah umur, gunakan internet bersama dengan anggota keluarga lain yang lebih dewasa. Tempatkan komputer di ruang keluarga atau ditempat yang mudah kita awasi. Jika diperlukan, berilah penjadwalan atau pembatasan waktu anak dalam berinternet.

2.Pelajarilah secara bersama sarana komunikasi dan kandungan informasi yang ditawarkan internet, ajukan pertanyaan kepada mereka. Dengan banyak bertanya kita menetahui sejauh mna pemahaman mereka tenatang internet sekaligus menangkal dampak negatif internet.

3.Beri pemahaman untuk tidak menanggapi atau menjawab etiap email dari orang yang tidak kita kenal.

4.Pertegas kepada siapapun yang menggunakan internet di rumah untuk tidak memberikan data pribadi/keluarga, alamat rumah/sekolah, nomor telepon, tanggal lahir, pasword dan data lainnya kepada orang yang tidak dikenal.ataupun saat mengisi informasi data diri di situs personal, blog ataupun situs lainnya di internet.

5.Minta anak untuk segera meninggalkan situs yang tidak pantas atau membuat mereka tidak nyaman, bujuk agar mereka terbiasa bercerita tentang segala sesuatu yang ditemui di internet.

6.Pertegas untuk tidak gegabah merencanakan pertemuan langsung dengan seseorang yang baru mereka kenal di internet. Jika terpaksa harus bertemu supaya ditemani oleh orang dewasa dan pertemuannya di tempat umum.


V. Kesimpulan

internet adalah pisau bersisi dua, satu sisi berisi positif dan sisi lain berisi negatif tergantung kita bisa memilih dan memilahnya, apabila kita pandai memanfaatkan pastilah kita akan mendapat manfaat yang besar dari internet, sebaliknya kita akan mendapat kesulitan.



DAFTAR PUSTAKA

Donny B.U. - . internet sehat. Ict watch

Muhammad Setiyadi. 2006. Pengenalan Internet. Ilmu Komputer .com

Richardus Eko Indrajit, dkk. 2006. Pemanfaatan Search Engine sebagai sarana penunjang proses pembelajaran. Yogyakarta : Andi Offset.



=========> Selamat berinternet ria semoga bermanfaat <=========

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MENGENANG WAFATNYA UMMUL MUKMININ SAYYIDAH KHODIJAH AL KUBRO (Wafat 11 Ramadhan tahun 10 Kenabian)

Menghapus Tulisan pada Ijazah dengan Tinta Snowman Drawing Pens

Sekilas info tentang HARAM MAKAH 🕌🕋🕌