Mencetak pada Kertas F4 di Ubuntu 10.4

Sangat mengesalkan apabila kita sedang bekerja, ternyata peralatan yang kita perlukan tidak tersedia. perasaan enath bagaimana rasanya? Begitu juga saat kita bekerja menggunakan Open office di Ubuntu 10.4. setelah selesai kita bekerja mengetik, ternyata saat mau di print dengan Canon MP145 pada mode landscape dengan kertas HVS/F4 (21 x 33 cm), tidak tersedia ukuran kertas tersebut.
Ketika sedang kesal-kesalnya karena saat mencetak F4 itu selalu terpotong, timbul ide kreatif untuk mencoba dengan ukuran kertas yang lebih panjang, yaitu kertas legal dengan ukuran 21x35 cm. dan saat dicoba ternyata hasilnya keluar terlebih dahulu sebelah kanan tampilan dengan jarak 2 cm dari tepi kertas, alhasil bagian kiri tampilan terpotong.
Saat itu, saya coba dengan teknik lain, trallaa....tralaaa.... berhasil. berikut adalah teknik yang saya cobakan untuk ngeprint dengan kertas F4 mode landsacape pada UBUNTU 10.4
1. atur pada open ofice dengan kertas long bond ===> Format - Page - pilih pada pilihan kertas dengan long bond. di save.
2. Ubah pengaturan margin untuk margin kanan 0,5. cm sedang margin kiri menjadi 2,50 cm. di save.
3. Ubah pengaturan kertas menjadi legal dengan margin seperti di atas
4. atur juga pada setingan printer ===> tekan CTRL + P lalu tampil tampilan siap cetak. klik pada tombol Profertis pilih kertas legal.
5. Pilih Ok. dan lihat hasilnya.cetakan sudah tepat diukuran kertas F4.
Demikian pengalaman saya semoga ada manfaatnya, bagi yang baru belajar ubuntu seperti saya ini. kritik saran maupun pertanyaan silahkan berikan saja.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MENGENANG WAFATNYA UMMUL MUKMININ SAYYIDAH KHODIJAH AL KUBRO (Wafat 11 Ramadhan tahun 10 Kenabian)

Menghapus Tulisan pada Ijazah dengan Tinta Snowman Drawing Pens

Sekilas info tentang HARAM MAKAH 🕌🕋🕌