Memasukan Data siswa ke JIBAS dengan csv

Sejak menggunakan aplikasi JIBAS untuk menangani informasi sekolah (Aplikasi Manajemen Informasi Sekolah), informasi tentang sekolah mulai rapi dan tertata dengan apik, tetapi untuk input datanya ribet, belum lagi jika data yang akan dimasukan sangat banyak maka jari tangan bisa kriting untuk mengetik ulang nama siswa yang lumayan banyak.

Maka untuk meringankan pekerjaan memasukan data ke dalam aplikasi tersebut, dicoba untuk mencari cara yang mudah untuk dapat menginput data khususnya data siswa tanpa harus mengetik ulang. akhirnya setelah mencari baik bertanya kepada teman, maupun pada om google penulis menemukan cara bagaimana menginput data siswa ke dalam aplikasi jibas, kebetulan jibas menggunakan database mysql, sehingga cara ini juga berlaku untuk memasukan data ke database mysql lain. ada tiga cara yang berhasil penulis uji cobakan:

1. Dengan cara mengubah data menjadi teks bertipe .csv

2. Dengan bantuan aplikasi tambahan yaitu aplikasi excel-reader.

3. Dengan meminjam OS tetangga yaitu Windows (karena kebetulan untuk aplikasi Jibas versi windows disertakan juga aplikasi untuk impor data siswa).

Untuk mempersingkat waktu langsung saja kita mulai, sebelumnya jangan lupa secangkir kopi dan temannya agar dalam membaca tulisan ini tidak sampai ngantuk. he…he…

1. Dengan cara mengubah data menjadi teks bertipe .csv

Untuk memulai cara ini, silahkan buka dulu aplikasi Jibas dari ubuntunya lalu masuk ke dalamnya(jika belum punya silahkan pasang dulu, untuk caranya baca saja dari tulisan yang ada di Blog ini). Silahkan isi data pada referensi dengan lengkap sesuai kebutuhan. dari referensi kita berpindah ke menu kesiswaaan. isi data seorang siswa dengan lengkap.

Langkah-langkah berikutnya adalah :

a. Klik Open New Tab (ctrl+T) kemudian ketiklah pada adress bar http://localhost/phpmyadmin lalu tekan enter.

b. Pilih databases jbsakad=>siswa. kemudian data pada tabel siswa tersebut kita ekspor dengan menekan tombol ekspor, tandai lingkaran pada Open Spread Sheet lalu klik tombol go.

c. Kita buka file hasil ekspor tersebut (biasanya tersimpan di Unduhan), lalu kita isikan data siswa sesuai kelas dengan cara copy paste dari dari data ODS kita (yang ingin dimasukan dalam jibas). untuk data selain data diri siswa kita kopikan saja ke bawah, sedangkan pin dapat kita isi dengan cara edit=>fill.

d. simpan data tersebut. lalu kita save-as data tersebut, untuk file type kita ubah menjadi .csv.

e. kemudian ulang langkah a dan b, hanya sekarang kita tekan tombol impor. silhkan isi data untuk impor sesuai permintaan. lalu tekan Go. dan Trala…. ternyata tidak dapat diimpor dengan bla…bla… tulisan yang membuat jengkel.

Tapi tenang tidak usah berang dulu. ini dapat kita maklumi karena aplikasi Jibas ini data saling berkaitan sehingga tidak sembarang data dapat dimasukan. hal ini dapat kita antisipasi dengan menghilangkan untuk sementara keterkaitan tersebut. caranya klik pada tombol Structure, lalu putar scrool ke bawah Klik pada Relation View. Silahkan hilangkan keterkaitan tersebut. tapi ingat jangan smpai lupa. karena setelah selesai harus kita kembalikan lagi.

kita coba ulangi lagi langkah e. dan …. Alhamdu lillah semuanya mau menurut untuk masuk ke dalam aplikasi.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MENGENANG WAFATNYA UMMUL MUKMININ SAYYIDAH KHODIJAH AL KUBRO (Wafat 11 Ramadhan tahun 10 Kenabian)

Menghapus Tulisan pada Ijazah dengan Tinta Snowman Drawing Pens

Sekilas info tentang HARAM MAKAH 🕌🕋🕌