Membuat Soal Latihan dengan Moodle

Hai semua, sudah lama blog ini tidak diupdate. Ini terjadi karena banyaknya kegiatan ditambah lagi beberapa waktu belakangan blog ini tidak bisa dibuka entah karena apa. Semoga setelah  dapat masuk kembali akan lebih banyak manfaat yang dapat kita peroleh. Aamiin.

Nah kali ini saya akan berbagi informasi tentang salah satu tugas guru, tidak terlalu terlihat tapi cukup banyak menyita waktu. Tugas itu yaitu penilaian yang meliputi pembuatan soal, pengerjaan soal oleh siswa dan pengkoreksian serta pembobotan. Kegiatan ini banyak menyita waktu karena masih dilaksanakan secara manual.

Pembuatan soal latihan menjadi salah satu tugas bagi seorang guru dalam tugasnya untuk melakukan penilaian tertulis. Biasanya guru membuat soal untuk menilai hasil pembelajaran siswa setelah menyelesaikan satu tema atau satu kompetensi dasar. Penilaian yang dilakukan oleh guru dilakukan secara tertulis dengan dituliskan pada lembaran kertas. Kegiatan ini cukup menyita waktu, apalagi jika saat pelaksanaan penilaian ada siswa yang tidak datang sehingga perlu dibuatkan soal lain karena soal yang pertama tidak mungkin diberikan kepada anak yang tidak datang tersebut karena dimungkinkan sudah bocor.

Moodle merupakan aplikasi penilaian yang berbasis online dan dapat diinstall sebagai aplikasi yang berjalan di komputer lokal. Dengan memanfaatkan moodle siswa dapat mengerjakan soal secara berulang.

Bagaimana cara menginstall moodle di server lokal atau di laptop guru dan membuat server moodle bisa diakses dari perangkat siswa.
Adapun langkah-langkah untuk menginstall moodle adalah sebagai berikut:
1. Menginstall server lokal menggunakan xampp. Caranya dapat dilihat disini.
2. Mengunduh dan menginstall moodle diserver lokal. Cara menginstal moodle disini.
3. Membuat bank soal.
4. Mengatur agar komputer guru atau komputer yang ada moodlenya menjadi router. Ini caranya.

Cara membuat bank soal:
1. Buat kategori dengan cara pilih Dashboard>Site administration>Courses>add a category, isian pilih parent category, isi category name, category id number dan deskripsi boleh dikosongkan. Kemudian klik create category.
2. Pilih kategory yang sudah dibuat, lalu klik Add a new course. Isilah data yang ada, lalu setelah selesai klik Save and display.
catatan : category ini seumpama kelas, sedangkan course itu sebagai mata pelajaran.
3. Klik course yang sudah dibuat, lalu pilih Course administration>Question bank>Categories. Seret scrool ke bawah lalu pada Add category pilih Parent category sesuai nama course yang sudah dibuat. Name diisi sesuai dengan materi atau KD pada mata pelajaran. Kalau sudah selesai klik add category.
Untuk memudahkan pengaturan Penilaian Akhir Tahun, Penilaian Akhir Semester, dan Penilaian Harian. Nama untuk pertama diisi dengan PAT, kemudian untuk kategory kedua diisi pada parent category pilih PAT, dan name diisi dengan PAS 1, untuk kategory selanjutnya pada parent category dipilih PAS 1, dan name diisi dengan materi pada PAS 1. Setelah semua materi pada PAS 1 sudah dibuatkan kategory, lalu buat kategory baru dengan parent category pilih PAT dan name diisi dengan PAS 2, dan seterusnya diisi parent category pilih PAS 2 sedangkan name diisi denga materi pada PAS 2.
4. Masih pada Question bank, pilih Question,lalu pilih pada select a category dengan materi yang sudah dibuat. Kemudian klik Create  a new question. Akan tampil pilihan type question (multiple choice, true/false, short answer dls.) Klik pada type question yang akan dipakai lalu klik Add.
5. Membuat butir soal kalau sudah klik Save changes.

Untuk lebih cepat boleh dengan memanfaatkan import dan eksport, silahkan dieksplore sendiri.

Demikian semoga bermanfaat, silahkan berikan komentar dan masukan agar lebih semangat menulis. Untuk berbagi kepada yang lain.

Komentar

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung

Postingan populer dari blog ini

MENGENANG WAFATNYA UMMUL MUKMININ SAYYIDAH KHODIJAH AL KUBRO (Wafat 11 Ramadhan tahun 10 Kenabian)

Menghapus Tulisan pada Ijazah dengan Tinta Snowman Drawing Pens

Sekilas info tentang HARAM MAKAH 🕌🕋🕌