Linux OS Pilihan bagi yang mau Belajar

Seiring dengan perkembangan teknologi, kebutuhan akan komputer sebagai sebuah perangkat yang digunakan dalam pendidikan menjadi sangat penting. Sehingga diharapkan semua pendidikan (guru) di Indonesia memiliki laptop (minimal komputer desktop) untuk menyelesaikan tugas-tugasnya, pemerintah telah mencanangkan program sagulatop (satu guru satu laptop) yang entah sampai di mana, sampai penulis menulis ini, penulis belum tahu apalagi menerimanya. Semoga saja penulis cepat mendapat pembagian laptop he...he.... sehingga tidak repot kalau mau mengajar dengan memanfaatkan media ICT harus gotong-gotong CPU ke kelas.

Penulis sekarang masih menggunakan komputer desktop. Selain perlu penyediaan perangkat keras (Hardware), kata Pak Guru Rokhmad, dalam KKG bermutu Dewi Sartika, kita juga memerlukan perangkat Lunak (Software) agar komputer kita dapat berfungsi. Cuman harga software sendiri mungkin lebih mahal daripada harga hardwarenya, maka para pengguna komputer dengan kantong tipis alias boke seperti penulis ini, terpaksa deh menggunakan software bajakan (mengkopi dari yang asli tentunya). Apakah ini dibenarkan? Pemerintah telah menetapkan UU tentang HAKI yang salah satu isinya menjelaskan tentang larangan pembajakan tersebut dan bagi yang melanggar akan dikenakan sanksi yang lumayan berat, tentu bagi para guru yang ibaratnya digugu dan ditiru jangan sampai menggunakan program bajakan. Lalu apa solusi kita agar dapat berkomputer tetapi tidak melanggar hak orang lain (melakukan pembajakan) dan kita dapat memanfaatkan program yang legal bukan ilegal sedangkan kantong kita tipis, untuk beli hardwarenya saja sudah kembang kempis nafasnya. Jawabannya adalah kita menggunakan operating Sistem yang sah dan murah tapi tidak murahan. Lalu apa ada OS yang seperti itu? Ada, yaitu linux. Dan linux sekarang sudah user frendly (mudah dipelajari) karena banyak yang sudah memanfaatkan GUI.
Linux adalah sistem operasi gratis bertipe Unix yang awalnya dibuat oleh Linuz Torvalds dengan
bantuan dari pengembang software se penjuru dunia. Linux adalah implementasi POSIX secara
mandiri dan termasuk multitasking secara nyata, virtual memori, shared library, demand loading,
dan penanganan memori yang baik, jaringan TCP/IP, dan penampilan lain yang konsisten dengan sistem Unix. Dibangun dengan lisensi GNU General Public Linux adalah sistem operasi bebas License, sehingga kode sumber untuk Linux tersedia (free) bertipe Unix secara bebas untuk semua orang.

10 Alasan Kenapa Memilih Linux
Adalah Sistem Operasi Terbaik
• Di dalam distribusi Linux terdapat software-software berharga jutaan Rupiah yang gratis
atau hanya dengan beberapa ribu rupiah untuk pengkopian dan kemasan CDnya.
• Sistem operasi yang lengkap yang :
Stabil - aplikasi yang crash tidak menyebabkan sistem operasi Down
Reliable - Server Linux sudah biasa hidup dalam jangka waktu RATUSAN hari,
dibanding Windows yang perlu diReboot secara berkala
Secara Ekstrim Sangat Bermanfaat
• Dilengkapi dengan puluhan lingkungan pengembangan aplikasi, termasuk C, C++, Fortran,
Ada, toolkit seperti Qt dan beberapa bahasa script semacam Perl, Python, Awk, dan sed.
Kompiler C pada Windows harganya lebih dari 1000 Dolar Amerika
• Fasilitas jaringan yang istimewa, memungkinkan untuk berbagi CPU
• Lingkungan yang ideal untuk menjalankan server, seperti Web Server, FTP Server,
Authentication Server dan sebagainya
• Tersedia pula software komersial, jika kebutuhan tidak terpenuhi dengan software yang
gratis
• Sistem operasi yang mudah untuk diupgrade
• Mendukung banyak prosesor sebagai standar
• Multi-Tasking yang nyata; memungkinkan untuk menjalankan lebih dari satu program pada
waktu yang sama
• Sistem GUI (window) yang disebut X yang istimewa, ekivalen dengan Windows namun sangat mudah untuk dikastemisasi
Dalam distribusi Linux umumnya telah lengkap software-software yang ada didalamnya. Meliputi
untuk fungsi-fungsi server dan desktop. Sebagai contoh distribusi Linux Ubuntu 10.4 LTS di dalamnya telah terdapat aplikasi untuk GUI (Gnome, KDE), aplikasi Office (Open Ofice 3.2), PIM
(Evolution), Database server (MySQL, PostgreSQL), Dalam distribusi Linux telah berisi
Web server (Apache), web scripting (PHP, Perl), software-software lengkap, dari software development tools (Make, GCC, Perl, Python, software aplikasi perkantoran, ada, LISP, Glade, KDevelop, QtDesigner), aplikasi pemrograman, hingga software untuk web (php Groupware, phpNuke) dan ribuan aplikasi server lain yang dikemas dalam 1 DVD.
Selain lengkap dengan fasiltas-fasilitas tersebut, dalam penginstalannya juga cukup mudah. Kita hanya perlu melakukan 8 langkah mudah untuk dapat menginstal Linux Ubuntu 10.4 LTS di komputer kita. Sebelum penginstalan kita diberi kesempatan untuk mencoba penggunaan linux dengan memanfaatkan life cd tanpa harus diinstall terlebih dahulu di komputer kita. Untuk menginstall caranya adalah :
1. nyalakan komputer, sebelum tampil desktop, pada saat boting kita masuk ke dalam BIOS, dengan cara menekan tombol DEL pada keyboard atau menekan F2, tergantung spesifik komputer kita. Ubah first boot menjadi CDROOM. Lalu simpan hasil perubahan dan restart kembali.

2. masukkan DVD ubuntu ke dalam DVD room, pada saat booting komputer akan mencari dari DVD Room untuk pertama kali dan akan menampilkan instaler linux kita.

3. ada pilihan apakah mau menginstall atau mencoba dulu, silahkan kita pilih. Apabila kita memilih install kita pilih bahasa yang kita kehendaki. Tersedia pilihan bahasa indonesia.

4. langkah selanjutnya kita pilih jenis keyboard kita, secara default adalah jenis USA. Setelah selesai tekan Forward.

5. Berikutnya tampil pilihan lokasi kita, silahkan pilih. Lanjutkan dengan forward.

6. lalu masuk pada partisi hardisk, tersedia tiga pilihan: menggunakan keseluruhan hardisk, digunakan bersamaan dengan OS yang sudah kita miliki, atau memanfaatkan ruang yang kosong. Setelah kita pilih lanjut dengan forward.

7. lanjut dengan memformat hardisk, kita bagi hardisk yang akan digunakan, pertama sediakan untuk ruang swap sebesar 2 kali besar memori yang digunakan, yang kedua ruang untuk root dengan tanda /. dan kalau mau ada ruang untuk user, silahkan besarnya ditentukan sendiri. Setelah selesai lakukan format, lanjut dengan forward.

8. selesai tugas kita tinggal kita tunggu pengkopian file linux ke ubuntu kita, ini memerlukan waktu agak lama, kalau bosan boleh ditinggal atau boleh ditunggu sambil kita nyruput kopi yang sudah tersedia di atas meja kalau ada. Kita tunggu sampai selesai, tidak usah terpengaruh dengan persentase yang ditampilkan. Dari pengalaman penulis mencoba beberapa kali, setelah sampai 200% tidak selesai juga akhirnya bimbang dan dibatalkan penginstallannya, tetapi setelah mencoba lagi penulis biarkan ternyata selesai lebih dari 200%.

9. selesai sudah instalasi program lalu restart komputer kita.

Berikut tampilan desktop ubuntu penulis. Jika yang sudah terbiasa dengan Windows, maka kita akan terfokus ke sudut kiri bawah komputer mencari tombol START. Dan kita tidak akan menjumpainya.

Lalu di mana kita mencari program dan sebagainya. Kita lihat sudut kiri atas, ada applications, places, dan system. Aplications berisi program-program yang kita butuhkan semisal acesoris, education, games, internet, office, dll. Places merupakan pengganti windows explorer. System berisi pengaturan sistem komputer kita. Secara lebih jelasnya berikut adalah tampilan desktop pada komputer penulis.

Tentu kita dapat mengganti tampilan background sesuai yang kita kehendaki atau mau dengan koleksi foto kita. Caranya klik kanan pada mouse, pilih change desktop background. Pilih gambar sesuai dengan kehendak. Atau kalau mau koleksi foto, kita buka foto yang akan digunakan lalu klik kanan, pilih change desktop background.

Untuk menjalankan program aplikasi, caranya klik pada aplications, pilih program yang akan kita buka, misalnya kita mau menulis surat, pilih office, lalu klik openoffice.org word procesor. Nah kita dapat mulai untuk mengetik.

Aplikasi Open Office
aplikasi open ofice adalah aplikasi yang dapat digunakan untuk pekerjaan kantoran, seperti menulis surat, perhitungan, presentasi, dll. Aplikasi ini mirip kalau kita sudah terbiasa dengan aplikasi Mikrosoft Office.
Di dalam open ofice ada beberapa program:
a. openofice.org word prosesor yang mirip dengan microsoft word. Berikut adalah tampilan muka openoffice.org word processor.
b. open ofice.org spredshet memiliki kemeiripan dengan microsoft exsel.
c. openofice.org presentation yang fungsinya mirip dengan microsoft powerpoint.
d. openofice.org drawing
e. openofice.org formula sebagai pengganti equetionnya microsoft ofice.
f. dll. Silakan dioprek sendiri.
Sebagai pengenalan kita pada program open ofice, kita lihat tampilannya mungkin yang sudah pamiliar dengan microsoft ofice dapat membandingkan.
a. openofice.org word prosesor tampilan awalnya adalah sebagai berikut. Secara garis besar tidak ada perbedaan yang mencolok dari openofice.org ini, mungkin sedikit perbedaan, yaitu pada letak “Page setup” yang pada microsoft ofece word diletakan pada menu File sedangkan pada open ofice terletak pada menu “Format” sub menu “page”.
Demikian sekilas pengenalan kita pada program Operating Sistem alternatif untuk menghindari pembajakan, sehingga kita dapat memanfaatkan komputer yang kita punyai dengan aman.

Perlu diingat segala sesuatu jika dipelajari dengan kesungguhan akan menjadi sangat mudah. Mari kita dukung program pemerintah yang ingin agar masyarakat menggunakan program yang legal, menjauhi pelanggaran HAKI.


Kritik dan saran yang membangun diharapkan demi kemajuan blog ini.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MENGENANG WAFATNYA UMMUL MUKMININ SAYYIDAH KHODIJAH AL KUBRO (Wafat 11 Ramadhan tahun 10 Kenabian)

Menghapus Tulisan pada Ijazah dengan Tinta Snowman Drawing Pens

Sekilas info tentang HARAM MAKAH 🕌🕋🕌