Install Xampp di Ubuntu

CARA MENGINSTALL XAMPP DI UBUNTU
XAMPP adalah sebuah aflikasi web server yang berjalan pada OS Windows, sehingga dapat membuat komputer kita menjadi sebuah web server sekalipun hanya satu komputer (localhost). dengan adanya XAMPP kita dapat meletakkan aflikasi-aflikasi yang dapat berjalan dalam sebuah web, misalnya Joomla, Wordpress, Slims dll.
Adapun XAMPP yang berjalan di linux adalah LAMPP yang merupakan singkatan dari Linux, Apache, Mysql dan PHP. jadi di dalam program LAMPP ini sudah terdiri atas program PHP yang merupakan bahasa yang banyak digunakan di web, mysql yang merupakan program database sehingga tidak usah untuk mengkofigurasi satu-persatu program tersebut, alias tinggal pake saja. adapun cara menginstall program LAMPP di Ubuntu adalah sebagai berikut.
1. Siapkan program LAMPP (cari saja melalui google, lalu kita unduh), atau kita dapat memperoleh dari http://www.apachefriends.org/
2. Simpanlah program LAMPP yang sudah kita unduh di Home folder misalkan kalau milik penulis adalah siti. ini hanya untuk memudahkan saja, kita dapat meletakkan program dimana saja.
3. Buka terminal dengan cara Aplications - acesoris - terminal atau dengan cara menekan Ctrl + Alt + T secara bersamaan.
4. Masuk ke Folder tempat menyimpan program dengan cara mengetikan : cd ~/Unduhan/ tekan enter untuk mengeksekusinya(misalkan kita menyimpanya di folder Unduhan) sedangkan jika kita menyimpan di home folder, langkah ke 4 dapat kita tinggalkan.
5. ketik pada terminal : sudo tar xvfz xampp-linux-1.7.tar.gz -C /opt (sesuaikan dengan versi xampp yang dimiliki. maksud dari perintah tersebut, kita mengekstrak dan menyimpan LAMPP di folder /opt
6. sampai di sini kita sudah selesai menginstall LAMPP di komputer kita. untuk mencoba terlebih dahulu kita aktifkan LAMPP dengan cara mengetik pada terminal : sudo /opt/lampp/lampp start hasilnya pada terminal sebagai berikut : Starting XAMPP for Linux 1.7... XAMPP: Another web server daemon is already running. XAMPP: Starting MySQL... XAMPP: Starting ProFTPD... XAMPP for Linux started. siti@siti-desktop:~$ terlihat bahwa semua sudah berjalan selain apache. karena yang berjalan masih webserver sebelumnya, bukan dari LAMPP.
7. Kita tutup dulu apache dari ubuntu kita dengan cara mengetikkan pada terminal : sudo /etc/init.d/apache2 stop
8. kita ulangi langkah ke 6. hasilnya : Starting XAMPP for Linux 1.7... XAMPP: Starting Apache with SSL (and PHP5)... XAMPP: XAMPP-MySQL is already running. XAMPP: XAMPP-ProFTPD is already running. XAMPP for Linux started.
9. Buka program Firefox lalu kita ketik pada kolom texbox : http://localhost/ maka akan terbuka tampilan awal LAMPP.
Kita dapat membuat program pembuka LAMPP agar kita tidak perlu menuliskan langkah-langkah di atas pada terminal kita, yang kadang membuat kita agak bosan menuliskannya. caranya :
1. kita buka aplications - acsesoris -gedit Text editor.
2. lalu kita ketikan pada gedit editor sebagai berikut :
#!bin/bash sudo /etc/init.d/apache2 stop
sleep 2 sudo /opt/lampp/lampp start
sleep 2
sudo firefox
3. simpan dengan nama : lampp.sh
4. Ubah permisionnya menjadi program eksekusi dengan mengetikkan pada terminal : sudo chmod +x lampp.sh
5. kita sudah membuat program eksekusi lampp, seperti sortcut pada windows. kita letakkan pada desktop.
6. jika kita akan menjalankan lampp, cukup dengan mengklik 2x lampp.sh dan pilih jalankan di terminal, isi pasword komputer kita.
Alhamdulillah selesaijuga tulisan cara install lampp di Ubuntu, semoga bermanfaat. tunggu berikutnya tentang memasang JIBAS (sebuah aplikasi sekolah) di ubuntu.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MENGENANG WAFATNYA UMMUL MUKMININ SAYYIDAH KHODIJAH AL KUBRO (Wafat 11 Ramadhan tahun 10 Kenabian)

Menghapus Tulisan pada Ijazah dengan Tinta Snowman Drawing Pens

Sekilas info tentang HARAM MAKAH 🕌🕋🕌